facebook twitter youtube linkedin googlemap googletranslate journal

Sabtu, 15 Juni 2013

Copyright Open Access Comon Creative Writing

 
Pendahuluan
Pada zaman modern ini informasi sangat dibutuhkan oleh konsumen dari semua kalangan. Informasi mudah kita dapatkan dengan melalui internet. Tetapi sering kali kemudahan mendapatkan informasi itu menyebabkan kita menganggap remeh adanya ketentuan copyright, open access, dan common creative writing.
Okee langsung saja saya akan membahas sediit tentang copyright, open access, dan common creative writing..^*^ cekidot

Copyright
Definisi Copyright - Hak cipta adalah hak eksklusif pencipta atau pemegang hak cipta untuk mengatur penggunaan hasil penuangan gagasan atau informasi tertentu. Pada dasarnya, hak cipta merupakan "hak untuk menyalin suatu ciptaan". Hak cipta itu dapat juga memungkinkan pemegang hak tersebut untuk membatasi penggandaan tidak sah atas suatu ciptaan.
Pada umumnya pula, hak cipta memiliki masa berlaku tertentu yang terbatas. Hak cipta berlaku pada berbagai jenis karya seni atau karya cipta atau "ciptaan". Ciptaan tersebut dapat mencakup puisi, drama, serta karya tulis lainnya, film, karya-karya koreografis (tari, balet, dan sebagainya), komposisi musik, rekaman, suara, lukisan, gambar, patung, foto, perangkat lunak komputer, siaran radio dan telivisi.
Open Access
Menurut Bahasa secara sederhana open acces dapat diaartikan dengan akses terbuka yang secara luas dapat diartikan bahwa open akses suatu aturan yang mana membebaskan dari suatu perizinan atau komersialis dari suatu karya yang ada dalam setiap karya yang dilindungi hak cipta baik itu tercetak maupun elektronik.kebebasan disini dapat diartikan beberapa hal yaitu ada Penyedia OA/Open accces yang membebaskan tulisannya untuk di akses, digandangan dan dikomersilkan, Ada juga penyedia yang melarang penggunaannya untuk kepentingan komersial tetapi tetap boleh dikases secara bebas. Ada juga yg menggratiskan dari karya-karya salinannya saja dan, sebagian lagi hanya menyediakan karya orisinal.tetapi apapun jenis dan macamnya Penyedia open acces sepakat bahwa semua berkas digital yang mereka miliki harus terbebas dari hambatan harga dan perizinan.

Open Acces sebenarnya memberikan 3 macam dalam hal kebebasan dalam mengaksees informasi dan keterikan dengan penerbit, ketiga hal itu adalah retain it, share it dan transfer it, berikut adalah penjelasan singkat tentang 3 hal..

 • Retain it – Retain it ini adalah aturan dimana pengarang tetap memiliki hak cipta dan mengizinkan orang banyak menggandakan karyanya tetapi hanya dengan alassan untuk kepentingan pendidikan. Kalau pengakses ingin mengkomersilkan harus ada izin dulu dari pengarang bukan penerbitnya.Pihak penerbit mempunyai hak bahwa mereka harus diakui sebagai penerbit pertama dari karya yang bersangkutan. Jika pengarang memutuskan untuk menerbitkan kembali artikelnya dengan cara lain, termasuk untuk keperluan komersial, ia wajib menyebut penerbit pertama ini.

 • Share it – Share it adlah aturan dimana semua orang bebas mengakses,menggandakan dan mengkomersilkan karya seseorang tetapi tetap mempertahankan lisensi bagi pembuat karya tersebut dan mereka boleh menggandakan karyanya hanya ditempat penerbit yang memegang prinsip open acces.

Transfer it – Pengarang menyerahkan sepenuhnya hak exploitasi kepada penerbit , orang tetap bebas mengakses tetapi tidak untuk di komersilkan bila ingin menggandakan tetap dengan izin pengarang bukan dari penerbitnya.

Comon Creative Writing ( Kutipan )
  Kutipan adalah suatu kata yang mungkin semua orang belum tahu apa maksudnya. Kutipan juga merupakan suatu gagasan, ide, pendapat yang diambil dari berbagai sumber. Proses pengambilan gagasan itu disebut mengutip. Gagasan itu bisa diambil dari kamus, ensiklopedi, artikel, laporan, buku, majalah, internet, dan lain sebagainya.
Prinsip-prinsip dalam mengutip
Dalam membuat tulisan kita pasti sering mengambil atau mengutip dari tulisan orang lain, maka dari itu perlu kita tahu bagaimana prinsip-prinsip yang benar dalam mengutip dari tulisan orang lain. Diantaranya adalah sebagai berikut:
a.    Apabila dalam mengutip sebuah karya atau tulisan yang ada salah ejaan dari sumber     kutipan kita, maka sebaiknya kita biarkan saja apa adanya seperti sumber yang kita ambil tersebut. Kita sebagai pengutip tidak diperbolehkan membenarkan kata ataupun kalimat yang salah dari sumber kutipan kita.
b.     Dalam kutipan kita diperkenankan menghilangkan bagian-bagian kutipan dengan syarat bahwa penghilangan bagian itu tidak menyebabkan perubahan makna atau arti yang terkandung dalam sumber kutipan kita. Caranya ::
# Menghilangkan bagian kutipan yang kurang dari satu alinea.
Bagian yang dihilangkan diganti dengan tiga titik berspasi.
# Menghilangkan bagian kutipan yang kurang dari satu alinea.
Bagian yang dihilangkan diganti dengan tiga titik berspasi sepanjang garis (dari margin kiri sampai margin kanan).
Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates